Penyebab Mata Minus

Selamat datang di website kami obatsakitmata.com. Dalam postingan kali ini kami ingin mengajak anda untuk mengetahui lebih dalam lagi sakit mata.ada beberapa jenis penyakit mata umum yang harus anda ketahui yaitu rabun dekat(presbiopi),rabun jauh(miopi),rabun senja ,glaukoma,penyebab sakit glaukom ,katarak,konjungtivitas buta warna , rabun minus(miopi)atau rabun jauh . Penyakit mata dapat menimpa siapa saja baik muda maupun tua,penyebab dari penyakit mata beraneka ragam baik karena alergi terhadap sesuatu,virus,maupun pola hidup seseorang yang buruk seperti membaca sambil tiduran,menonton televisi terlalu dekat dan sebagainnya.Penyakit mata sangat beragam dan tidak semuanya dapat menular. Jika penyakit mata disebabkan virus atau bakteri maka bisa menular, sedangkan jika penyebabnya alergi tidak akan menular.berikut kami informasikan hal hal apa saja yang menyebabkan sakit mata mines atau rabun jauh , gejala awal sakit mata minus , ciri ciri sakit mata minus , tanda tanda sakit mata minus, faktor resiko penyakit mata minus , gejala penyakit mata minus , kebiasaan penyebab mata minus , penyebab tejadinya mata minus

penyebab mata minusPenyebab penyakit  mata minus (miopi)rabun jauh .

hingga sekarang masih jarang diketahui secara pasti. Banyak yang mengalami perubahan pada refraksi, yang awalnya normal berubah menjadi minus. Beberapa penelitian mengutarakan penyebab utama adalah keturunan, namun faktanya banyak yang orang tuanya minus tetapi tidak terjadi pada anaknya. sehingga sangat mungkin terjadi akibat kebiasaan penyebab mata minus, menjaga kesehatan mata dengan pola hidup dan asupan gizi.

Faktor keturunan sering menjadi penyebab terjadinya kelainan refraksi pada mata anak. Kelainan refraksi tersebut dapat berupa mata minus (miopia) maupun astigmatisma atau yang orang awam sering katakan sebagai mata silinder. Kelainan tersebut sifatnya adalah kelainan bentuk bola mata atau kelengkungan kornea yang tidak semua dapat dikoreksi secara total tetapi bergantung kepada jenis kelainan yang ditemukan. Semakin dini kelainan yang terjadi biasanya kelainan yang terjadi lebih berat. Namun sebaiknya dari ahli (dokter spesialis mata) lainnya yang lebih komunikatif sehingga mendapatkan semua informasi yang diperlukan mengenai kelainan mata.

Kebiasaan penyebab  mata minus

  • Usia anak-anak kurang mendapat sinar matahari Para peneliti mengatakan, peningkatan tajam masalah ini karena para siswa terlalu banyak belajar di sekolah. Juga di rumah. Alhasil, mereka kurang mendapat cahaya matahari di luar.  Dalam publikasi di jurnal The Lancet, para ilmuwan mengatakan, satu dari lima siswa bisa mengalami kerusakan mata, bahkan kebutaan. Soalnya, pada saat senggang, para siswa juga lebih banyak menghabiskan waktu bermain komputer dan menonton televisi di rumah.
  • Membaca sambil tidur Penyebab satu ini jarang diketahui orang-orang, padahal sudah menjadi mitos sejak jaman dulu. Logikanya dalam keadaan berbaring kondisi syaraf mata tidak tepat untuk membaca, melainkan untuk tidur.
  • Kebiasaan membaca kurang cahaya Membaca pada kondisi kurang cahaya bisa menjadi kemungkinan menjadikan mata minus, namun beda halnya yang sudah terbisaa dengan kondisi kurang cahaya sejak kecil karena lensa dan retina sudah dikondisikan.

Gejala Sakit Mata Minus

Pada rabun jauh (miopia, mata minus), sumbu mata terlalu cembung, sehingga bayangan benda jatuh di depan retina. Akibatnya, benda yang jauh tidak terlihat jelas. Tanpa kacamata, penderita rabun jauh akan mengalami sakit kepala dan nyeri pada mata.
Gejalanya adalah kepala nyeri berdenyut terutama bagian depan, bola mata perih dan berat, terasa seperti mau keluar dan air mata meleleh berlebihan. Keadaan ini biasanya membaik bila mata diistirahatkan atau dengan minum obat antinyeri. Tapi sering kali kambuh beberapa waktu kemudian.

Apakah miopia dapat menyebabkan sakit kepala? Miopia memang bisa menyebabkan sakit kepala. Untuk seorang penderita miopia, pada saat melihat miopia, pada saat melihat jauh, bayangan jatuh di depan retina sehingga mengurangi kecembungan lensa. Perubahan kecembungan ini dinamakan kemampuan akomodasi mata. Mata yang berakomodasi terus-menerus dalam waktu yang lama akan menimbulkan kelelahan. Kelelahan mata inilah yang mencetuskan nyeri kepala dan nyeri pada mata.

 berikut adalah beberapa penyakit atau gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan gangguan mata bahkan kebutaan:

  • Miopia.
  • Hyperopia atau Rabun dekat.
  • Katarak.
  • Presbiopia (penuaan penglihatan)

Di atas hanyalah sebuah daftar singkat dari apa yang menyebabkan memburuknya penglihatan dan penyebab mata minus.

Ciri-ciri apabila mata kita terkena minus adalah sebagai berikut :

  • Kepala sering pusing
  • Mata terasa sakit apabila melihat tulisan terlalu jauh
  • Tulisan yang kita baca memudar
  • Mata sakit apabila melihat sinar matahari terlalu sering
  • Jarak pandang kita mulai terbatas

Penyebab terjadinya minus adalah :
1. Jarak terlalu dekat membaca buku, menonton televisi, bermain videogames, main komputer, main hp ponsel, dll. Mata yang dipaksakan dapat merusak mata. Pelajari jarak aman aktivitas mata kita agar selalu terjaga kenormalannya.
2. Terlalu lama beraktifitas pada jarak pandang yang sama seperti bekerja di depan komputer, di depan layar monitor, di depan mesin, di depan berkas, dan lain-lain. Mata butuh istirahat yang teratur dan sering agar tidak terus berkontraksi yang monoton.
3. Tinggal di tempat yang sempit penuh sesak karena mata kurang berkontraksi melihat yang jauh-jauh sehingga otot mata jadi tidak normal. Atur sedemikian rupa ruang rumah kita agar kita selalu bisa melihat jarak pandang yang jauh.
4. Kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan mata kita seperti membaca sambil tidur-tiduran, membaca di tempat yang gelap, membaca di bawah sinar matahari langsung yang silau, menatap sumber cahaya terang langsung, dan lain sebagainya.
5. Terlalu lama mata berada di balik media transparan yang tidak cocok untuk mata dapat mengganggu kesehatan mata seperti sering kelamaan memakai helm, lama memakai kacamata yang tidak sesuai dengan mata normal kita, dan sebagainya.
6. Kekurangan gizi yang dibutuhkan mata juga bisa memperlemah mata sehingga kurang mampu bekerja keras dan mudah untuk terkena rabun jika mata bekerja terlalu diporsir. Vitamin A, betakaroten, ekstrak billberry, alpukat, dan lain sebagainya bagus untuk mata.

Terimakasih telah menyempatkan waktunya untuk berkunjung membaca artikel mata kami yang singkat ini  , semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat untuk anda agar lebih waspada dalam menangani penyakit mata anda . kami juga ingin merekomendasikan kepada anda obat herbal s lutena untuk menyembuhkan penyakit mata minus. Kunjungi juga artikel kami yang lainnya yaitu tentang penyakit glaukoma, gejala penyakit glaukoma , tanda tanda penyakit glaukoma,ciri ciri dan penyebab penyakit glaukoma


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>